Cara Cepat dan Gampang Menaikkan Pagerank Blog di Google

Cara cepat menaikan Pagerank bisa kita lakukan dengan gratis tanpa biaya. Cara Cepat Menaikkan Pagerank ini sudah banyak dilakukan oleh para blogger2 yang sudah ahli. Gak usah susah2 komentar sana sini. Cukup ikuti panduan ini.

Hal yang harus sobat lakukan adalah ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Buatlah postingan artikel seperti posting saya ini, atau copy-paste artikel ini. Lalu beri Judul sesuka sobat (karena itu merupakan SEO buat web/blog sobat sendiri).
  2. Agan cukup hanya meletakkan Link-Link di bawah ini pada artikel sobat tersebut pada blog/web sobat.
  3.  Link tersebut harus bersifat dofollow supaya link terbaca di google, jadi jangan contreng nofollow saat menulis link.
  1. Google
  2. Yahoo
  3. Alexa
  4. Webmaster Tool
  5. Bing
  6. Msn
  7. Ask
  8. Aneuk Cabak
  9. Jss Tripler
  10. Memed Darlovers

Sebelum Anda meletakkan link diatas, Anda harus menghapus peserta nomor 1 dari daftar. Sehingga semua peserta naik 1 level. Yang tadi nomor 2 jadi nomor 1, nomor 3 jadi 2, dst. Kemudian masukkan link kamu sendiri di bagian paling bawah.
Hasilnya akan seperti ini:

  1. Yahoo
  2. Alexa
  3. Webmaster Tool
  4. Bing
  5. Msn
  6. Ask
  7. Aneuk Cabak
  8. Jss Tripler
  9. Memed Darlovers
  10. Blog agan

Nah jika tiap peserta mampu mengajak 5 orang saja, maka jumlah backlink yang akan didapat adalah 

    Ketika posisi kamu 10, jumlah backlink = 1
    Posisi 9, jml backlink = 5
    Posisi 8, jml backlink = 25
    Posisi 7, jml backlink = 125
    Posisi 6, jml backlink = 625
    Posisi 5, jml backlink = 3,125
    Posisi 4, jml backlink = 15,625
    Posisi 3, jml backlink = 78,125
    Posisi 2, jml backlink = 390,625
    Posisi 1, jml backlink = 1,953,125

    Ingat agan harus memulai dari posisi 10 supaya satu persatu naik dan agan mendapatkan backlink yang banyak… 

    Tiga Kesalahan Apple Sejak Ditinggal Steve Jobs

    detail berita

     Posisi Steve Jobs sebagai CEO Apple telah digantikan oleh Tim Cook sejak tahun lalu. Kini satu tahun setelah Jobs wafat pada Oktober 2011, pengaruhnya masih terasa di perusahaan yang berbasis di Cupertino, California tersebut.

    Dilansir dari Huffington Post, Minggu (7/10/2012), di bawah kepemimpinan Cook, Apple terus berjuang untuk tetap bisa mempertahankan kesuksesan. Terbukti, sampai saat ini Apple masih mendulang keuntungan besar dan mempertahankan posisi perusahaan yang memiliki nilai tinggi.

    Meski begitu, bukan berarti Apple melaju tanpa ada rintangan. Berikut tiga kesalahan yang dibuat Apple sejak ditinggalkan oleh Steve Jobs, seperti dirangkum oleh Huffington Post:

    1. Apple Maps:
     Rilis terbaru dari aplikasi pemetaan Apple di iOS 6 merupakan langkah yang berani, agreif, dan beresiko. Sayangnya, Apple harus menaggung resiko karena aplikasi peta besutannya harus menghadapi masalah dan datanya tidak lengkap.

    Alhasil, karena kinerja aplikasi yang buruk, memaksa Cook untuk menyampikan permintaan maaf secara tertulis dan menyarankan pengguna mencoba peta pihak ketiga sebagai gantinya untuk sementara waktu.

    2. Persaingan dengan Samsung: 
    iPhone 5 merupakan perangkat yang indah dan dibuat dengan baik, tapi sayangnya tidak memiliki pembaharuan yang melebihi pesaingnya, Samsung Galaxy S III.

    Dalam kualitas layar, konektivitas data, kamera, dan prosesor, Galaxy S III tidak bisa dianggap remeh oleh iPhone 5. Apple dinilai lebih bersaing dalam hal hardware, dan bukan sebaliknya.

    3. Tak ada perombakan besar iOS: Meski tersangkut masalah Maps, iOS 6 tetap menjadi sistem operasi yang solid. Tapi masalahnya, Apple terlihat belum terlalu agresif dengan pengembangan iOS.

    Sehingga muncul berbagai dugaan, seperti Apple menyimpan fitur baru untuk rilis versi terbaru iOS mendatang atau mungkin saja kehabisan ide.

    Meski Apple masih menyisakan kesalahan, tapi perusahaan tersebut tetap terus menghasilkan keuntungan. Antara lain, harga saham yang hampir meningkat dua kali lipat dalam 12 bulan ini, menjual iPhone 5 sebanyak 5 juta unit hanya dalam 48 jam, dan memiliki penjualan iPad yang sukses.

    Sumber={http://techno.okezone.com/read/2012/10/06/57/700155/tiga-kesalahan-apple-sejak-ditinggal-steve-jobs}

    Membuat Blog Cepat Terkenal

     Juragan yang terhormat ada sekitar ratusan bahkan sampai ribuan blog yang dibuat tiap harinya, jutaan blog juga sudah ada, lalu bagaimana cara mempopulerkan blog kita gan 😀 ? Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat blog kita terkenal hehehehehh langsung ke TTTTTKKKKKPPP
    1. Daftarkan ke google,Ini disebabkan hampir semua orang yang ingin mencari informasi di google, caranya bukahttp://www.google.com/addurl , isikan alamat blog anda pada kolom yang disediakan, lalu isi kolom komentar dengan konten blog anda.
    2. Daftarkan ke blog DirectoryBlog direktory adalah situs yang secara otomatis akan mengirim data blog dan posting-posting anda ke berbagai search engine. Beberapa blog direktory yang terkenal antara lain :http://technoratii.com , http://feeburner.com , dan http://bloggerdigger.com 
    3. Blog Walking.Berkunjung ke blog orang lain, kasih komentar di buku tamu atau taq board mereka. Jangan lupa tinggalkan jejak yang baik, catatkan nama blog anda pada komentar anda, pasti mereka akan berkunjung balik ke blog anda.
    4. Tukar LinkJika ada teman atau kenalan yang mempunyai blog, ajak dia untuk bertukar link atau alamat blog. Link URL anda di blog dia, dan jangan lupa juga memasukan link blog teman anda di blog anda. Dalam dunia blog, list ini juga disebut dengan istilah BLOGROLL. Blogroll ini salah satu penyebab cepatnya popularitas blog di seluruh dunia, berbuat baik juga tidak dilarang di blog, dengan sukarela masukan blog yang menurut anda pantas masuk.
    5. PostingLakukan aktifitas posting teratur, lebih baik tiap hari ada posting, karena akan membuat pembaca blog anda mencari tahu postingan terbaru.
    6. Cantumkan alamat blog anda di signature email.Ini cara otomatis agar anda tidak menuliskan alamat blog anda ke setiap orang, cukup sekali atur. Nama anda akan terkirim ke mana-mana.
    7. Kirim email tentang postingan terbaru ke teman-teman anda.Anggap saja ini promosi agar orang datang ke blog anda, kirim email ke beberapa blogger lain. Kata-katanya mungkin simpel saja, seperti : Hai, ini postingan yang asyik buat membaca blog muhttp://kostpelajar.blogspot .com 
    Suksess gan hidup Indonesia

    Cara Cepat Membuat CD ROM di Flashdisk

    Sebelum mungkin masih ada yang belum mengerti “Kenapa harus membuat CD ROM di Flash Disk dan Apa fungsingnya”? Jelas saja, langkah ini akan membuat Flash Disk Anda dengan mudah menjadi Bootable Windows. Selain itu kegunaannya juga untuk melindungi data Anda ketika ingin di edit atau di hapus karena umunya Flash Disk yang telah di buat type CD Room ini bersifat CDFS (CD-ROM).

    Cepat Membuat CD ROM di Flashdisk  Image
    Karena biasanya Flash Disk bersifat FAT maka sebelum itu jika Anda mempunyai data di dalamnya silahkan di Backup terlebih dahulu. Jika sudah, Anda bisa mem formatnya agar proses sepenuhnya lancar.
    1. Petama Download software nya di http://www.indowebster.com/download/files/ufdutilityDownload dan Install seperti biasanya.
    2. Jalankan Aplikasi yang sudah di Install tersebut, dan akan muncul gambar seperti ini :
    3. Kemudian pilih Autorun Manager.Cepat Membuat CD ROM di Flashdisk  Image
    4. Lalu akan muncul Kotak dialog Autorun Manager, Pilih Directory of Source file.Cepat Membuat CD ROM di Flashdisk  Image
      Tentukan direktori mana yang akan di jadikan CD-ROM :
      – Anda bisa menggunakan Autorun.inf jika ingin Aplikasi langsung dijalankan ketika usb flash di tancapkan ke dalam PC.Cepat Membuat CD ROM di Flashdisk  Image
    5. Kemudian Simpan Lokasi ISO (Anda bisa menaruh nya di mana saja, asal jangan di Flash USB).Cepat Membuat CD ROM di Flashdisk  Image
    6. Masukkan Nama Volume :Cepat Membuat CD ROM di Flashdisk  Image
    7. Kemudian Flash Akan otomatis membuat Partisi CD-ROM :Cepat Membuat CD ROM di Flashdisk  Image
    8. Klik CD ROM pada kotak Partition Setting, Sehingga akan muncul size dari Kotak Partition Option.Cepat Membuat CD ROM di Flashdisk  Image
    9. Klik Burn, Tunggu hingga prosess selesai. (lama prosess tergantung banyak file)
    10. Lakukan Re-Plug USB Flash dan Anda akan berhasil membuat CD-ROM di USB Flash.
    Selamat Mencoba Tutorial ini. Pastikan sebelumnya Flash Disk Anda belum memiliki isi apapun, jika ragu Anda bisa memformatnya terlebih dahulu. Juga selamatkan data Anda sebelumnya. Tetapi sebagian Anti Virus akan membaca Flash Disk Anda sebagai malware di karenakan berjalan di atas Autorun. Tenang saja, itu bisa di pastikan bukan virus, Anda hanya perlu mengabaikan peringatan dari Anti Virus jika notifikasinya keluar waktu waktu. Atau anda bisa meng non aktifkan terlebih dahulu Anti Virus.

    5 Negara dengan Koneksi Internet Tercepat di Dunia

    Koneksi internet telah menjadi kebutuhan hidup yang penting, baik untuk belajar dan bekerja. Internet dianggap penting karena digunakan untuk mencari pekerjaan, memulai usaha kecil, hingga mengakses pendidikan online.

    Masyarakat di Korea Selatan bisa disebut beruntung, karena pemerintahnya sangat memperhatikan infrastruktur telekomunikasi dan kecepatan akses internet. 

    Sementara warga Swedia, beruntung karena biaya internet tergolong murah, hanya 13,3 dollar AS, namun aksesnya tetap cepat.

    Nah, negara apa saja yang dinobatkan memiliki koneksi internet tercepat dan termurah? Berikut daftarnya.

    1. Korea Selatan

    Korea Selatan telah lama dinobatkan sebagai negara dengan koneksi internet tercepat di dunia. Penetrasi pengguna internet di negeri Ginseng itu sangat tinggi, 94% masyarakat Korea Selatan terkoneksi dengan internet cepat.

    Pemerintah Korea Selatan berjanji akan memberi akses internet 1 Gigabyte per detik kepada warganya, pada akhir tahun 2012.

    2. Finlandia

    Pada 2010, Finlandia jadi negara pertama di dunia yang memberi hak hukum akses internetbroadband (pita lebar) kepada warganya. Seluruh warga negara, sebanyak 5,3 juta jiwa, dijamin mendapat koneksi internet cepat.

    Pemerintah Finlandia tak berhenti sampai di situ, mereka berencana meningkatkan hak hukum akses internet 100Mb layanan broadband pada akhir 2015.

    3. Swedia

    Kecepatan internet broadband di Swedia lebih cepat dua kali lipat dibandingkan Amerika Serikat. Penelitian yang dilakukan Yayasan New Amerika mencatat, biaya internet broadband di Swedia relatif murah yakni 13,3 dollar AS.

    4. Jepang

    Jepang dikenal sebagai negara dengan biaya internet termurah di dunia. Pemerintah Jepang menawarkan insentif pajak murah kepada perusahaan untuk berinvestasi di kabel serat optik.

    “Orang Jepang selalu berpikir jangka panjang,” kata seorang konsultan teknologi harian The New York Times pada 2007 silam. “Jika mereka berpikir mereka akan mendapat keuntungan dalam 100 tahun, mereka akan berinvestasi untuk anak-cucu mereka. Ada sedikit kebangaan nasional mereka tidak melihat ke Barat.”

    5. Perancis

    Perancis termasuk negara yang menyatakan bahwa internet adalah “hak asasi manusia.”

    Menurut studi yang dilakukan Berkman Center for Internet & Society Universitas Harvard, biaya internet broadband di Perancis tergolong yang paling terjangkau. Penyedia jasa internet di Perancis bersaing menawarkan harga kompetitif, namun layanannya tetap prima.

    Google Adsense Pada Blog Bahasa Indonesia

    Seperti kita ketahui Adsense for content belum mensupport bahasa Indonesia. Untuk blog yang berbahasa Indonesia, adsense hanya memberikan kita adsense for search. Salah satu cara yang banyak dibahas untuk menampilkan AdSense pada blog berbahasa Indonesia adalah dengan menambahkan kode ‘en’ pada kode adsense. Hanya saja cara ini banyak diperdebatkan karena melanggar TOS google adsense yang melarang kita untuk merubah kode adsense. Pada postingan kali ini saya akan sedikit berbagi bagaimana cara memasang AdSense di blog berbahasa Indonesia tanpa merubah kode adsense.

    Cara ini sebenarnya sudah saya praktekkan di blog ini dari beberapa bulan yang lalu, coba perhatikan beberapa iklan adsense yang ada di blog ini. Beberapa orang pasti menyangka bahwa saya menambahkan kode ‘en’ pada kode asli adsense, beberapa teman blogger juga sempat menanyakan kepada saya apakah blog ini menambahkan kode ‘en’ pada kode adsense yang saya pasang di blog ini?

    Dari beberapa orang yang bertanya, jujur saya menjawab saya menggunakan kode ‘en’. Tapi ternyata salah satu teman saya iseng melihat page sourch blog ini dan tidak menemukan kode ‘en’ pada blog ini. Coba lihat screen shot dibawah ini:

    Seperti teman-teman lihat, kode adsense sama sekali tidak saya rubah atau tidak saya tambahkan kode ‘EN’. Lalu apakah selama ini saya berbohong kepada beberapa orang yang menanyakan tentang kode adsense di blog ini? Jawabannya “Tidak”, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai cara yang selama ini saya gunakan untuk menampilkan iklan Adsense pada blog berbahasa Indonesia.

    Sekarang silahkan lihat kembali screen shot dibawah ini:

    Perhatikan kode yang saya tandai dengan highlight hijau, sebenarnya saya menggunakan kode ‘en’ untuk menampilkan iklan Adsense, hanya saja kode ‘en’ saya simpan dalam bentuk file CSS yang saya hosting diluar kemudian saya panggil kembali dengan menggunakan javascript. Hal ini saya lakukan agar tidak merubah kode asli Adsense walaupun saya juga masih ragu apakah cara ini sah atau tidak, setidaknya dengan cara ini saya tidak sedikitpun merubah kode adsense sesuai TOS google adsense 😀

    Lalu bagaimana cara melakukannya? Sebenarnya caranya cukup mudah, silahkan ikuti tahap-tahap dibawah ini:

    1. Pada komputer buka notepad kemudian ketikkan kode ‘EN’ pada notepad dan save dengan format CSS contohnya “kodeiklan.css” (maaf dari tadi saya hanya menyebut kode “en” soalnya takut di razia sama mbah google, buat yang belum tau apa itu kode ‘en’ silahkan lihat pic dibawah ini)
    2. Upload file CSS ke hosting teman-teman kemudian simpan URL file tersebut. Buat yang tidak mempunyai hosting silahkan baca postingan sebelumnya mengenai “Hosting Javascript Gratis
    3. Pasang kode adsense di blog seperti biasa
      Layout >> add gadget >> HTML/Javascript” kemudian “Save
      NB: buat yang masih awam dengan edit HTML sebaiknya isi kolom title sebelum melakukan save, contohnya isi dengan “Sponsored Links“. Hal ini dilakukan agar mempermudah pencarian pada tahap selanjutnya di halaman edit HTML
    4. Masuk ke halaman edit HTML
      Layout >> Edit HTML >> centang “Expand Widget Templates
    5. Di halaman Edit HTML cari widget dimana kita menyimpan kode adsense, untuk mempermudah silahkan search title yang tadi kita masukkan.
      <b:widget id='HTML14' locked='false' title='Sponsored Links' type='HTML'>
      <b:includable id='main'><b:if cond='data:title != &quot;&quot;'><h2 class='title'><data:title/></h2></b:if>
      <div class='widget-content'>
      <data:content/></div>
      <b:include name='quickedit'/>
      </b:includable>
      </b:widget>
      </b:section>
    6. Sekarang copy paste kode yang berwarna hijau dibawah ini tepat di atas kode<div class=’widget-content’>, ganti tulisan berwarna merah dengan URL file CSS teman-teman yang tadi telah di upload di hosting.
      <b:widget id='HTML14' locked='false' title='Sponsored Links' type='HTML'>
      <b:includable id='main'><b:if cond='data:title != &quot;&quot;'><h2 class='title'><data:title/></h2></b:if>
      <script src='http://viemonsta.googlecode.com/files/format.css' type='text/javascript'/>
      <div class='widget-content'>
      <data:content/></div>
      <b:include name='quickedit'/>
      </b:includable>
      </b:widget>
      </b:section>
    7. Tahap terakhir “Save Template” dan lihat apakah iklan adsense sudah keluar di halaman berbahasa Indonesia

    Mudah-mudahan tips memasang kode adsense di blog berbahasa Indonesia di atas bisa bermanfaat buat teman-teman blogger semua. Jangan lupa resiko ditanggung masing-masing ya. Kalo ada yang kurang jelas atau ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar 🙂

    Sumber: http://www.devbook.net/2009/12/google-adsense-pada-blog-bahasa.html

    Fungsi Jaringan Komputer

    Artikel ini bertujuan untuk menyelesaikan tugas Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC yg Terhubung Jaringan. Di artikel ini akan dijelaskan tentang fungsi dari jaringan komputer itu sendiri.
     Apa itu Jaringan komputer…? Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung antara satu dengan yang lainnya agar dapat bertukar data, document, mencetak pada printer yang sama/satu printer, bersama – sama menggunakan hardware/software melalui kabel jaringan/kabel UTP, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node.
    Menurut Tannebaum (1981) jaringan komputer adalah an interconnectedcollection of autonomous computers (suatu kumpulan interkoneksi dari komputer-komputer yang otonom). Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya misalnya CD-ROM,Printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah.
    Pada dasarnya fungsi dari jaringan komputer yaitu :
    1.      Sebagai sarana berbagi data proses dan berkas simpanan.
    2.      Sebagai sarana komunikasi data antar computer ( peer to peer, server to klien, server to server)
    Sedangkan nilai lebih dari computer yang terhubung dengan jaringan dalam fungsinya adalah
    ·         Membagi sumber daya
    Jaringan computer dapat digunakan sebagai sarana untuk membagi sumber daya. Sumber
    daya  tersebut  bisa  berupa  printer,  atau  sumber  daya  berupa  data-data,  software. Dengan
    adanya jaringan computer maka sumber daya dapat dikurangi,
    ·         Reliabilitas tinggi
    Jaringan  computer  memungkinkan  kita  untuk  mengkopi  data-data  ke  dua  atau  tiga
    computer,  bahkan  lebih. Dengan  demikian  apabila  computer  salah  satu  computer  rusak,
    data-data yang didalamnya hilang, kita masih dapat menggunaakan data yang tersimpan di computer lain yang sudah terhubung dengan jaringan yang sama.
    ·         Menghemat uang
    Dengan  menggunakan  jaringan  computer, perusahaan  dapat  menghemat  peralatan  yang
    harus digunakan, misalnya printer. Dengan adanya jaringan computer, satu printer dapat di
    gunakan oleh lebih dari satu computer.
    ·         Sarana komunikasi
    Jaringan  computer  dapat  dimanfaatkan  untuk  komunikasi  misalkan  memberikan
    pengumuman  rapat  kepada  karyawan,  jadi  pimpinan  tidak  perlu  repot  mencetak
    pengumuman.  Pimpinan  tinggal  mengirimkan  pengumuman  kepada  karyawan  dengan
    jaringan computer.
    Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa jaringan komputer bertujuan untuk
              Mempermudah Komunikasi Misal: e-mail, instant messanging, chatting.
               Membagi sumber daya Misal: membagi printer, CPU, memori, ataupun harddisk.
              Akses informasi  Misal:  Web Browsing.
    Demikian Artikel yang saya buat ini untuk menyelesaikan tugas Mendiagnosis permasalahan pada komputer yang terhubung dengan jaringan. Semoga Artikel ini bermanfaat.

    diagnosa permasalahan pada jaringan

    Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan merupakan pekerjaan yang harus dilakukan oleh administrator jaringan. Pekerjaan ini memerlukan ketelitian dan kesabaran yang tinggi agar di dapat hasil yang baik. Komputer yang terhubung jaringan sering kali mengalami gangguan maupun kerusakan baik dari sisi hardware atau software. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pengguna komputer yang terhubung dalam sistem jaringan. Jaringan komputer sangat rawan terhadap ganguan atau kerusakan dikarenakan banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan terjadi ganguan atau kerusakan pada jaringan tersebut. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan adalah:
     1. Mati atau tidak berfungsinya komponen pada jaringan
    Mati atau tidak berfungsinya komponen pendukung jaringan disebabkan oleh korosi (berkarat) dan rusak. Korosi yang terjadi dikarenakan ruang atau tempat jaringan yang lembab dan juga pemakaian yang suah terlalu lama tanpa adanya perawatan yang berkala. Dalam sistem jaringan LAN sering kita menyebut permasalahan yang menyebabkan seluruh atau sebagian jaringan terganggu disebut jaringan dalam kondisi down. Down dalam jaringan bisa kita artikan sedang turun atau tidak bekerja secara maksimal. Down dapat meyebabkan komunikasi dalam jaringan menjadi lambat atau tidak bekerja sama sekali. Kondisi tersebut yang perlu ditangani sehingga jaringan dapat bekerja dengan baik dan kembali normal. Istilah Down dalam jaringan komputer LAN berbeda dengan Down pada jaringan Warnet (warung Internet). Down pada jaringan LAN disebabkan system dalam jaringan LAN tersbut atau karena tidak berfungsinya peralatan maupun komponen dalam jaringan LAN tersebut. Down pada Warnet disebabkan oleh banyak sekali faktor diantaranya pengaruh dari jaringan LAN yang ada dalam warnet, dari Provider (jasa pelayanan akses internet) yang mengalami gangguan dan bisa juga dari line telphon yang penuh sehingga menyebabkan akses ke internet tidak dapat dilakukan Down dalam jaringan LAN lebih mudah penanganannya apabila dibandingkan dengan Down pada Warnet. Down dalam jaringan LAN lebih mudah diatasi karena kita dapat mendeteksi melalui indikator- indikator yang dapat kita lihat. Indikator-indikator tersebut memberikan isarat jika terjadi kerusakan atau tidak berfungsinya komponen. Indikasi kerusakan pada masing masing komponen dapat diuraikan sebagai berikut:
    a) Server
    Server adalah komputer yang biasanya dikhususkan untuk penyimpanan data atau system operasi berbasis network (Network Operating System), berisikan daftar user yang diperbolehkan masuk ke server tersebut. Jadi apabila komputer server mengalami kerusakan atau gangguan secara otomatis seluruh jaringan tidak berfungsi karena server merupakan pintu masuk dan sebagai pusat jaringan tersebut. Jadi apabila seluruh jaringan tidak dapat berfungsi berarti terjadi gangguan atau kerusakan pada server.
    b) Workstation
    Workstation adalah komputer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau komputer tersebut dengan server. Pemanfaatan jaringan tersebut dapat berupa sharing data, sharing printer dan sebagainya. Apabila terjadi kerusakan pada komputer workstation berarti komputer yang digunakan tidak dapat masuk dalam jaringan sehingga tidak dapat berkomunikasi dengan komputer server maupun komputer lain dalam jaringan tersebut.
    c. Hub/switch
    Hub/switch merupakan terminal atau pembagi signal data bagi kartu jaringan (Network Card). Jika Hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk
    berkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server. Apabila terjadi kerusakan pada Hub dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing masing workstation. Apabila lampu indikator power Hub/switch mati berarti kemungkinan besar Hub tersebut rusak. Jika ada lampu indikator workstation yang tidak menyala menyatakan bahwa komputer workstation sedang tidak aktif (tidak hidup) atau
    ada gangguan pada komputer workstation tersebut
    d) Kabel dan konektor
    Kabel dan konektor merupakan media penghubung antara komputer dengan komputer lain atau dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan. Kabel dan konektor untuk membuat jaringan LAN yang banyak digunakan ada 3 jenis yaitu:
    · Jenis kabel serat optik menggunakan konektor SC dan ST. Gangguan atau kerusakan pada kabel dan konektor jenis serat optik sangat jarang, tetapi memerlukan penanganan secara khusus untuk perawatan jaringan
    · Jenis Kabel UTP dengan konekor RJ45. Gangguan atau kerusakan pada kabel jenis ini adalah konektor yang tidak terpasang dengan baik (longgar), susunan  pengkabelan yang salah dan kabel putus. Indikasi yang dapat dilihat adalah lampu indikator yang tidak hidup pada kartu jaringan atau pada Hub/switch. Jaringan menggunakan kabel UTP kesalahan yang muncul relatif sedikit, karena jaringan terpasang menggunakan topologi star, workstation terpasang secara paralel dengan menggunakan swicth/hub. Sehingga yang terjadi gangguan hanya pada workstation yang kabelnya mengalami gangguan saja
    · Jenis kabel Coaxial dengan konektor BNC. Kabel jenis coaxial memiliki akses yang cukup lambat bila dibandingkan jenis kabel lainnya dan sering terjadi gangguan karena konektor yang longgar (tidak konek), kabel short dan kabel terbuka resistor pada terminating conector. Short pada pemasangan kabel dengan plug konektor ini menyebabkan system jaringan akan down dan komunikasi antar komputer berhenti.
    Semoga bermanfaan buat temen – temen

    Instalasi Linux

    Posting kali ini saya akan membahas cara INSTALASI MASTER OPERATING SYSTEM LINUX.

    Cara instalasinya silakan baca di bawah ini.
    LANGKAH :

    LANGKAH I
    Persiapan Menginstall Linux (Debian)
    Nyalakan komputer, kemudian tekan [delete] untuk masuk ke bios,
    Setelah di dalam bios, pilih menu
    BIOS FEATURES SETUP
    tekan [ENTER]
    Setelah itu pilihlah menu Boot Sequence agar menjadi CDROM,C,A

    [ESC]
    Pilih,
    SAVE & EXIT SETUP
    tekan [ENTER]
    tekan y [ENTER]
    Maka komputer akan mulai booting kembali dengan boot sequence pertama ke CDROM.

    Masukkan CD debian yang ada kedalam CDROM.
    LANGKAH II
    Boot dari CD
    Setelah memasukkan CD ke dalam CDROM maka tinggal tunggu CD boot.
    Setelah komputer boot ke CD, akan muncul tampilan sebagai berikut:
    Welcome to Deal
    This is debian …………………………………….
    ………………………………………………….

    boot:_ [ENTER]
    LANGKAH III
    Pilihan Awal Penginstallan
    Setelah itu komputer akan loading…
    Tunggu sampai muncul tulisan sebagai berikut:

    ‘ Choose The Language ‘
    Pilih bahasa (disarankan bahasa inggris – en). [ENTER]

    ‘ Choose Language Variant ‘
    Pilih ‘ English (United States) ‘ [ENTER].

    ‘ Relase Notes ‘
    Pilih [ENTER].

    ‘ Debian GNU/LINUX Installation Main Menu ‘
    Akan ada macam-macam pilihan didalam kotak dengan bagian yang di highlight
    pada pilihan yang paling atas dengan tulisan,

    Next : Configure the Keyboard
    tekan [ENTER].
    ‘ Select a Keyboard ‘
    Akan ada macam-macam pilihan didalam kotak dengan bagian yang di highlight
    pilih,

    qwerty/us : U.S. English (QWERTY)
    [ENTER]
    LANGKAH IV
    Menentukan Partisi Hardisk

    ‘ Debian GNU/LINUX Installation Main Menu ‘
    Akan ada macam-macam pilihan didalam kotak dengan bagian yang di highlight
    pada pilihan yang paling atas dengan tulisan,
    Next : Initialize and Activate a Swap Partition
    pilih,
    Previous: Partition a Hard Disk
    [ENTER]

    ‘ Select Disk Drive ‘
    pilih,
    /dev/hda
    [ENTER]

    ‘ Lilo Limitations ‘
    [ENTER]

    ‘ Note on additional space for the ReiserFS Journal ‘
    [ENTER]

    Akan muncul tampilan partisi yang ada pada hard Disk hda, dengan informasi ini anda akan mengetahui letak partisi swap dan letak partisi tempat anda akan meletakkan ‘/’ (root).
    pilih [ Quit ]
    dengan menggerakan/menekan panah kearah kanan. [ENTER]

    LANGKAH V
    Menginisialisasi Partisi Swap

    ‘ Debian GNU/LINUX Installation Main Menu ‘
    Akan ada macam-macam pilihan didalam kotak dengan bagian yang di highlight pada pilihan yang paling atas dengan tulisan,

    Next : Initialize and Activate a Swap Partition
    [ENTER]

    ‘ Scan for Bad Blocks? ‘
    pilih [ENTER]

    ‘ Are You Sure? ‘
    pilih [ENTER]

    LANGKAH VI
    Memilih jenis File System pada Partisi Linux

    ‘ Debian GNU/LINUX Installation Main Menu ‘
    Akan ada macam-macam pilihan didalam kotak dengan bagian yang di highlight
    pada pilihan yang paling atas dengan tulisan,

    Next : Initialize a Linux Partition
    [ENTER]

    ‘ Choose Filesystem Type ‘
    Terdapat 3 pilihan pada kotak, pilih,

    Ext3 : Next Generation of Ext2, a journaling filesystem
    [ENTER]

    ‘ Select Partition ‘
    Pilih partisi yang akan dijadikan “Ext3”
    Terdapat 3 pilihan pada kotak, pilih,

    /dev/hda2 : Linux native
    [ENTER]

    ‘ Scan for Bad Blocks? ‘
    pilih [ENTER]

    ‘ Are You Sure? ‘
    Perhatikan baik-baik apakah benar yang anda pilih /dev/hda2 sebagai “Ext3” kalau sudah benar
    pilih [ENTER]

    ‘ Mount as the Root Filesystem? ‘
    pilih [ENTER]

    LANGKAH VII
    Menginstall Kernel dan Modulnya

    ‘ Debian GNU/LINUX Installation Main Menu ‘
    Akan ada macam-macam pilihan didalam kotak dengan bagian yang di highlight pada pilihan yang paling atas dengan tulisan,

    Next : Install kernel and Driver Modules
    [ENTER]

    ‘ Select Installation Medium ‘
    pilih,
    cdrom : CD-ROM drive
    [ENTER]

    ‘ Please insert the CD-ROM ‘
    pilih [ENTER]

    ‘ Please Wait ‘
    ‘ Select Archive path ‘
    Pilih directory tempat menginstall kernel.
    /instmnt/dists/woody/main/disks-i386/current
    [ENTER]

    ‘ Please Wait ‘
    LANGKAH VIII
    Memilih Driver

    ‘ Debian GNU/LINUX Installation Main Menu ‘
    Akan ada macam-macam pilihan didalam kotak dengan bagian yang di highlight
    pada pilihan yang paling atas dengan tulisan,

    Next : Configure Device Driver Modules
    [ENTER]

    ‘ Note about loaded drivers ‘
    pilih, [ENTER]

    ‘ Select Category ‘
    Akan tampil pilihan-pilihan module yang akan di pilih,

    1. Pilih ‘ kernel/drivers/input Input Devices. ‘ [ENTER]
    ‘ Select kernel/driver/input modules ‘
    pilih,
    ‘ kebdev – Keyboard support ‘ [ENTER]

    ‘ kebdev ‘
    pilih, [ENTER]

    ‘ Enter Command-Line Argumens ‘
    Tidak perlu diisi apa-apa.
    [ENTER]

    pilih,
    ‘ mousedev – Mouse support ‘ [ENTER]

    ‘ mousedev ‘
    pilih, [ENTER]

    ‘ Enter Command-Line Argumens ‘
    Tidak perlu diisi apa-apa.
    [ENTER]

    Pilih ‘ Exit Finish Return to previous menu. ‘ [ENTER]
    2. Pilih ‘ kernel/drivers/net Drivers for network interface cards ‘ [ENTER]
    ‘ Select kernel/drivers/net modules ‘
    carilah ‘ eepro100 ‘ [ENTER]

    ‘ eepro100 ‘
    pilih, [ENTER]

    atau bila gagal bisa coba bonding
    ‘ Enter Command-Line Argumens ‘
    Tidak perlu diisi apa-apa. [ENTER]

    Pilih ‘ Exit Finish Return to previous menu. ‘ [ENTER]
    3. Pilih ‘ kernel/fs/msdos
    MS-DOS file system ‘ [ENTER]

    ‘ Select kernel/fs/msdos modules ‘
    pilih, ‘ msdos – PC BIOS ‘ [ENTER]

    ‘ msdos ‘
    pilih, [ENTER]

    ‘ Enter Command-Line Argumens ‘
    Tidak perlu diisi apa-apa.
    [ENTER]

    Pilih ‘ Exit Finish Return to previous menu. ‘ [ENTER]
    4. Pilih ‘ kernel/arch/1386/kernel i386-base drivers. ‘ [ENTER]
    pilih, ‘ apm ‘ [ENTER]

    ‘ apm ‘
    pilih, [ENTER]

    ‘ Enter Command-Line Argumens ‘
    Tidak perlu diisi apa-apa.
    [ENTER]

    pilih, ‘ cpuid ‘ [ENTER]
    ‘ cpuid ‘
    pilih, [ENTER]

    ‘ Enter Command-Line Argumens ‘
    Tidak perlu diisi apa-apa.
    [ENTER]

    Pilih ‘ Exit Finish Return to previous menu. ‘ [ENTER]
    Pilih, ‘ Exit ‘ [ENTER]
    LANGKAH IX
    Mengkonfigurasi Jaringan

    ‘ Debian GNU/LINUX Installation Main Menu ‘
    Akan ada macam-macam pilihan didalam kotak dengan bagian yang di highlight
    pada pilihan yang paling atas dengan tulisan,

    Next : Configure the network
    [ENTER]
    ‘ Choose The Hostname ‘
    Ganti tulisan ‘ Debian ‘ dengan ‘ LAB-OS-27-*** ‘
    *** diganti dengan nomor komputer.
    [ENTER]

    ‘ Automatic Network Configuration ‘
    pilih, [ENTER]

    ‘ Choose the IP Address ‘
    Ganti tulisan default-nya dengan ‘ 152.118.27.*** ‘
    *** diganti dengan nomor komputer.
    [ENTER]

    ‘ Choose Network Mask ‘
    Tidak usah diganti.
    [ENTER]

    ‘ What is your IP gateaway address? ‘
    152.118.27.1
    [ENTER]

    ‘ Choose Domain Name ‘
    Tulis ‘ cs.ui.ac.id ‘
    [ENTER]

    ‘ Choose the DNS Server Addresses ‘
    Ganti dengan ‘ 152.118.24.2 ‘
    [ENTER]

    LANGKAH X
    Menginstall Base System

    ‘ Debian GNU/LINUX Installation Main Menu ‘
    Akan ada macam-macam pilihan didalam kotak dengan bagian yang di
    highlight pada pilihan yang paling atas dengan tulisan,

    Next : Install the base system
    [ENTER]

    ‘ Select Installation Medium ‘
    pilih,

    ‘ cdrom : CD-ROM drive ‘
    [ENTER]

    ‘ Please insert the CD-ROM ‘
    pilih, [ENTER]

    ‘ Select Archive path ‘
    Pilih directory untuk menginstall base sistem.
    /instmnt
    [ENTER]

    ‘ Installing Base System, please wait ‘
    Tunggulah sampai selesai menginstall.

    LANGKAH XI
    Membuat System Menjadi Bootable

    ‘ Debian GNU/LINUX Installation Main Menu ‘
    Akan ada macam-macam pilihan didalam kotak dengan bagian yang di highlight
    pada pilihan yang paling atas dengan tulisan,

    Next : Make System Bootable
    [ENTER]

    ‘ When should the LILO boot loader be installed ? ‘
    Pilih,
    /dev/hda : Install LILO in the MBR (use this if unsure).
    [ENTER]

    ‘ Other bootable partitions ‘
    Pilih,
    Include Put all into the menu.
    [ENTER]

    ‘ Securing LILO ‘
    [ENTER]

    LANGKAH XII
    Membuat Boot Floppy

    ‘ Debian GNU/LINUX Installation Main Menu ‘
    Akan ada macam-macam pilihan didalam kotak dengan bagian yang di highlight
    pada pilihan yang paling atas dengan tulisan,

    Next : Make a Boot Floppy
    Masukkan disket(dalam keadaan baik)ke dalam floppy disk
    [ENTER]

    ‘ Change Disk ‘
    [ENTER]

    Tunggulah sementara sedang membuat boot floppy
    LANGKAH XIII
    Mereboot Komputer

    ‘ Debian GNU/LINUX Installation Main Menu ‘
    Akan ada macam-macam pilihan didalam kotak dengan bagian yang di highlight
    pada pilihan yang paling atas dengan tulisan,

    Next : Reboot The System
    [ENTER]

    ‘ Reboot The System? ‘
    Pilih,
    Yes [ENTER]

    Kemudian keluarkan disket dari floppy disk, sementara komputer sedang reboot.
    Keluarkanlah cd deal dari cdrom.
    Tunggu sampai muncul lilo boot seperti dibawah ini,
    Linux
    WIN/Dos

    Pilih Linux [ENTER]
    LANGKAH XIV
    Konfigurasi System Debian

    Kemudian akan masuk ke tampilan seperti dibawah ini :
    ‘ Debian System Configuration ‘
    [ENTER]

    ‘ TimeZone Configuration ‘
    Is the hardware clock set to GMT
    Pilih,
    [ENTER]

    What area do you life in?
    Pilih,
    Asia [ENTER]

    Select a city or time zone:
    Pilih,
    Jakarta [ENTER]

    ‘ Password setup ‘
    Shall I enable md5 passwords?
    Pilih,
    [ENTER]

    Shall I enable shadow passwords?
    Pilih,
    [ENTER]

    Enter a password for the root:
    Isi saja dengan 12345
    [ENTER]

    Re-enter password to verify:
    Isi lagi dengan 12345
    [ENTER]

    Shall I create a normal user account now?
    Pilih,
    [ENTER]

    ‘ Debian System Configuration ‘
    Shall I remove the pcmcia packages?
    Pilih,
    [ENTER]

    Do you want to user a PPP connection to install the system.
    Pilih,
    [ENTER]

    ‘ Apt Configuration ‘
    Choose the method apt should user to access to Debian archive:
    Pilih,
    cdrom [ENTER]

    Masukkan cd deal ke dalam cdrom.
    Enter CD ROM device file:
    /dev/cdrom [ENTER]

    Scan another CD?
    pilih [ENTER]

    Add another apt source?
    pilih [ENTER]

    Use security updates from security.debian.org?
    pilih [ENTER]

    Run tasksel?
    pilih [ENTER]

    Run dselect?
    pilih [ENTER]

    Run dselect?
    pilih, [ENTER]

    Tunggu sementara sedang mengkonfigurasi paket apa saja yang akan diambil,
    sampai ada tulisan seperti di bawah ini :
    Do you want to continue? [Y/n]
    Ketikan y [ENTER]

    Do you want to erase any previous downloaded.deb files? [Y/n]
    Ketik,
    y [ENTER]
    Please enter to continue
    [ENTER]

    I can do …..
    [—Please return—]
    [ENTER]

    You must choose one of the options below:
    Enter value (default=’1′, ‘x’ to restart):
    Ketik,
    5 [ENTER]

    ‘Debian System Configuration ‘
    Have fun !
    Thank you for choosing Debian.
    [ENTER]

    LANGKAH XV
    Login
    Nanti akan muncul pesan seperti dibawah ini:
    LAB-OS-27-**** login :
    (**** sesuai dengan komputer tempat anda menginstall)

    Coba masukkan login root dan passwordnya.
    Setelah itu kita akan mencoba menginstall paket.
    Cara menginstallnya adalah dengan cara sebagai berikut:
    ketik perintah ini di console:

    apt-get install “nama paket” [ENTER]
    Sebagai contoh kita akan mencoba menginstall lynx.
    Jadi yang harus diketikkan adalah sebagai berikut :

    apt-get install lynx [ENTER]
    Do you want to continue? [Y/n]
    ketikan y [ENTER]

    Setelah selesai menginstall lynx coba ketikkan perintah ini di console :
    lynx kambing.vlsm.org [ENTER]

    Jika berhasil masuk ke halaman kambing.vlsm.org berarti anda berhasil.
    Selamat menggunakan Debian!
    Selamat mencoba di rumah!